Monday, April 25, 2005

Resto Review : Kepiting Terkubur Bubur.

Kepiting Terkubur Bubur -
mencicip aneka bubur ala HongKong.
 
demikian judul artikel Kedai didalam majalah Kontan,
setelah membacanya saya segera sms Ika (Hendrika Yunapritta)
wartawati/penulis artikel itu yang juga anggota milis Jalansutra.
Ika menjelaskan bahwa kedai bubur KwangTung di Pecenongan itu
sederet dengan hotel Grand Alila, engga jauh dari Super Kitchen
katanya dan Ika juga pesan agar saya mencoba bubur kepiting itu.
 
Saya tertarik mencobanya karena membaca bahwa Kedai bubur
KwangTung itu chef-nya dari HongKong, isi buburnya  banyak
pilihan, mulai dari kepiting, ikan kerapu,  pi-oh , scallop sampai
hai-som campur hisit yang 80.000,-/mangkok.
Dikatakan bahwa bubur itu halal, tidak memakai micin atau merica,
dan buka 24 jam !.
 
Minggu siang, diperjalanan radio dimobil saya  kebetulan sekali
memperdengarkan iklan kedai bubur ini, menambah semangat
saya dan istri untuk segera sampai ke tujuan.
Ternyata walau sederet dengan Grand Alila tapi adanya diujung
satunya lagi jalan Pecenongan itu, nyaris sampai ke traffic light
perempatan jalan Sawah Besar.
 
Memasuki kedai sejuk ber-AC itu, terlihat penuh tamu - untung
masih ada satu meja kecil yang tersisa.
Kami langsung pesan satu porsi bubur kepiting, dan satu porsi
hai-som/hisit - ternyata engga tersedia karena lagi susah nyari ikan
hiu-nya katanya, maka diganti ikan kerapu.
Saya perhatikan restoran itu memang ramai, dan  ternyata tamu
yang datang belakangan juga masih bisa diterima di lantai dua.
 
Pelayan tak lama mengantarkan bubur kerapu sambil memberitahu
bahwa yang kepiting masih perlu menunggu karena masih dimasak,
memang saya lihat kepiting baru diolah setelah ada pesanan - tentu
saya engga keberatan karena itu berarti dagingnya benar2 fresh.
 
Begitu pesanan datang, langsung mata kami juling - mangkoknya
gede banget !, bubur juga diisikan sampai hampir luber dari bibir
mangkok gede itu.
Waduh - ini sih ukuran dua kali kapasitas perut kami.
Tapi ternyata akhirnya nanti hanya sedikit saja yang tersisa.
 
Buburnya halus sekali, dibagian atas ada kacang tanah-jahe-daun
bawang, dan betul saja kepitingnya terkubur didalamnya.
Istri saya memuji bubur dan ikannya enak sekali, halus dan tidak
amis, cuma sayang kepitingnya ternyata disajikan bersama kulitnya.
Tadinya saya kira tinggal telan saja - jadi lumayan belepotan repot
harus memecahkan kulit keras itu.
 
Bubur kepiting itu dibandrol 28.000,- dan  bubur kerapu 20.000,-
 
Boleh dicoba - apalagi tengah malam, tentunya asyik dingin-dingin
menikmati bubur hangat itu.
 

7 comments:

  1. slurppp....nelen liur sendiri nih ngebayanginnya....hehehe..
    Dok, kedainya apa buka sampai tengah malam?? soalnya katanya paling enak dinikmati tengah malam....salam.

    ReplyDelete


  2. hallo bung Andri,

    sekarang jam dirumah saya menunjukkan jam 23.45 -
    tengah malam nih - jadi kita berangkat ke bubur KT ? he3.
    memang buka nya 24 jam, maklum daerah Pecenongan yang
    berdenyut terus sepanjang hari.

    salam
    sm

    ReplyDelete
  3. Pak Sindhi,
    Saya baca di Epicurina, katanya ada bubur kepiting enak juga di Kedai Barita, di Jl. Barito.
    Mau coba sama-sama ?

    ReplyDelete

  4. Oh ya ? Jl. Barito ? Boleh juga dicoba ya.
    Cuma Minggu esok saya ikut teman yang mau rame2 ke
    tambak ikan di Tanjung Burung - pantai utara Tangerang,
    dan Minggu depannya saya ke Bali.
    Mudah2an bisa ketemuan di Bubur Barito itu nanti.
    Gimana sementara ajak bung Andri dulu - tapi
    beliau adanya di ....... Mexico-City -
    makanya saya kemarin panas2in untuk datang ke
    Pecenongan malam2,he3

    Thanks infonya ya

    salam

    sm

    ReplyDelete
  5. Dok, jangan manas-manasin donk, istri yang komplain ke saya. soalnya kemarin saya tanya bisa nggak bikin bubur kepiting? mau tau jawabnya?, gini: "...gak usah macem-macem deh pake segala minta bubur kepiting, makan aja tacos yang banyak ntar juga hilang kangen buburnya"....hehehe....galak dia. bukan apa2 soalnya dia baru saya "paksa" bikin rendang daging, masa' wanita Indonesia gak bisa bikin rendang sih? hasilnya lumayan lo, cuma agak pedes.

    trus juga ngomongin bubur Barito....jadi terkenang waktu masih pacaran...hehehe...tapi saya gak tau tuh ada bubur kepiting juga di Barito. Standar saya mah dulu bubur ayam biasa yang tanpa telor.

    By the way, namanya kok gak tercantum sebagai peserta Bogorsutra II Dok? acara2 kayak gini yang bikin kita cuma bisa "cemburu"....kapan ya bisa copy darat dengan sesama penggemar makan?

    salam,
    -andri-

    ReplyDelete
  6. Bubur Barito yang dimaksud yang deket kuburan ya ?
    Kalo kedai Barita ini letaknya lebih deket ke Jl. Panglima Polim Raya, sederetan sama California Pizza, Scoops Cafe dan butiknya Ajie Notonegoro.
    Saya sendiri belum pernah nyoba karena konon porsinya gede banget, nggak sanggup makan banyak nih soalnya.
    Gini deh, kalo saya kesampean nyoba, saya tulis reviewnya di sini ya

    Cheers,
    Chiquita

    ReplyDelete

  7. Hehehe, kena deh makan tacos sambil ngebayangin bubur.

    Nah gini - besok pagi acara di tambak itu sebenarnya
    nostalgia bagi saya - dulu saat2 SMP/SMA suka jalan
    ke pantai dan nginep di tambak,
    kita nangkap udang dan masih pletik2 dimasukkan
    ke kuali air panas isi garam, sadis banget yah tapi
    memang udangnya jadi enak sekali, manis.
    Besok rencananya akan nangkep bandeng dll, dan
    langsung makan siang rame2 di saung di dekat pantai.

    Bogorsutra III, saya dulu ikut yang ke II, kali ini mungkin
    engga ikut sebab berlangsung hari Sabtu, sorenya kan
    saya masih harus buka warung.
    Kalau saja hari Minggu sih sudah ikut ngedaftar.

    ReplyDelete