Wednesday, December 7, 2011

Tour ZhangJiaJie+Guizhou, bagian ke-4 : Dragon King cave




Bagian ke-4 : Dragon King Cave

Rabu 9 Nopember 2011, masih gelap sudah di morning call, maklum hari itupun
acara padat sekali, ada dua obyek unik akan dikunjungi yaitu Dragon King Cave
yang saking panjangnya sampai dijuluki Door to the Earth Core dan highlight
tour ini yaitu mendaki 999 anak tangga menuju Heaven Gate-nya TianMenShan.

Hotel JingXi di WulingYuan ini sebenarnya bintang empat, cuma kelewatan pelit
nggak nyediain sabun mandi, masih untung dah air buat mandinya nggak dijatah.
Ada tersedia sih paket sabun+odol, tapi mesti beli - nggak mahal cuma bikin
mangkel aja baru ini ketemu hotel nggak ngasih sabun mandi.

Udara pagi masih sejuk sekitar 16 derajat C saat kami tiba di Dragon King Cave
yang berjarak 17 kilometer dari WulingYuan scenic centre, konon inilah gua
kapur terbesar dan tertua di China, yang oleh para ahli gua disana dijuluki:
“the wonder of the world karst cave”.
Gua ini konon usianya 380 juta tahun yang diketemukan secara kebetulan oleh
penduduk setempat pada tahun 1979, dan baru tahun 2003 dibuka untuk umum.
Panjangnya sampai 30 kilometer menusuk perut bumi sehingga sampai disebut
"Door to the Earth Core", rata-rata tingginya 50 meter dan lebar sampai 80 meter.
Didalamnya terdapat 58 ruang besar, 28 lorong batu, 15 air terjun, 3 sungai bawah
tanah, dua buah danau dan 45 kolam.

Sedikit berjalan kaki dari tempat parkir bus, sudah kelihatan bangunan megah
tempat penjualan dan pemeriksaan tiket masuk, persis dibelakangnya ada tangga
menuju mulut gua yang memang selintas mirip mulut macan yang terbuka.
Setiap grup yang masuk mengikuti seorang pemandu yang memberikan penjelasan
dengan memakai mikropon, tapi karena pakai bahasa Mandarin dan jalannya lama,
nggak sabaran saya membelot jalan duluan.
Menelusuri gua, naik turun tangga lagi, ada beberapa tempat naiknya cukup tinggi.
Disana sini banyak stalaktit dan stalakmit aneka bentuk disinari lampu warna warni,
dan untuk kesekian kalinya kembali penyakit lupa saya kambuh, yaitu selalu lupa
bawa senter, padahal entah sudah berapa belas gua pernah saya masuki.

Istri saya ternyata tidak mau meneruskan perjalanan, saat bertemu tempat duduk
ditempat terang dan banyak orang duduk2, dia mau ikut duduk saja menghemat
tenaga untuk nanti sorenya naik 999 tangga di TianMen Cave.

Saya terpaksa meneruskan menelusuri gua sendirian, kadang2 melalui lorong
yang sempit dan ketemu ruang besar lagi.
Disatu tempat sepi, mendadak saya menyadari kalau berada sendirian saja di
dalam perut bumi yang cukup jauh dari pintu keluar, wah sudah dah balik kanan
saja, selain serem juga mau menghemat dengkul.

Akhirnya kami berdua keluar gua, dan sambil menunggu teman yang masih di
dalam gua, saya menuju tepian sebuah lubang besar seakan bekas kawah,
lokasinya sekitar 80 meter dari mulut gua, itulah King Dragon Pond.
Dinding tebingnya yang curam ditumbuhi pepohonan, didasar lubang besar dan
dalam itu terlihat kolam seluas 400 m2, airnya tenang berwarna hijau pekat.
Konon dalamnya kolam itu masih merupakan misteri karena belum bisa dijajaki
saking dalamnya.
Anehnya pula tinggi permukaan airnya saat musim panas maupun penghujan -
tidak pernah berubah, sehingga diduga terhubung dengan King Dragon Cave
yang berada didekatnya itu.

Tapi saat bulan purnama, secara mendadak permukaan airnya bisa naik sampai
15 meter, jadi mengikuti fenomena pasang-surut permukaan air laut, sehingga
penduduk menduga dasar kolam menyeramkan itu terhubung dengan laut yang
berjarak ribuan kilometer dari situ.

Kebetulan hari itu malamnya akan purnama penuh, ini kesempatan emas kalau
ingin membuktikan dengan mata kepala sendiri apakah betul permukaan air
King Dragon Pond itu bisa naik drastis segitu tingginya.
Tapi jadwal kami sudah meninggalkan WuLingYuan ke kota ZhangJiaJie lagi,
tapi kalau sempat juga siapa sih yang yang punya nyali malam2 dan dingin2
nungguin tempat serem kayak begitu hehe.

5 comments:

  1. memang selalu seru kalau masuk ke gua,
    sayang kamera saya pas2an sehingga foto2nya
    nggak bagus.

    ReplyDelete
  2. pemandangan alam di China memang banyak sekali yang unik,
    cantik sampai spektakuler, asyiknya disana tempat2 itu sudah
    ditata+dipersiapkan untuk menerima turis, misalnya tangga dari
    batu yang rapih sudah ada dimanapun, asal dengkul kuat ajah

    ReplyDelete