Sunday, August 10, 2008

Wisata ke Kuburan ? Siapa Takut !




Berwisata, lazimnya mengunjungi/melihat tempat dengan pemandangan
yang menyejukkan mata dan hati, tapi ternyata tempat yang seram2
juga diminati turis.

Beberapa tokoh dunia dimakamkan ditempat yang begitu terhormat
dan jauh dari kesan seram, misalnya Presiden John F.Kennedy yang
dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Arlington Washington,
berdampingan dengan istrinya Jaqcueline.
Berada disana, jangankan terasa seram, malah serasa berada di
taman yang hijau asri saja, padahal kiri-kanan nisan melulu.

Beberapa makam orang terkenal bisa dilihat tapi hanya boleh dari
kejauhan, misalnya makam Napoleon Bonaparte yang ada didalam
Des Invalides Paris, kita hanya bisa melihat dari atas balkon saja.
Berbeda dengan makam Josef Broz Tito yang berada di dalam kota
Beograd-Serbia para pengunjung boleh berfoto maupun menyentuh
marmer makamnya.

Tentu makam paling aduhai adalah makam Mumtaz Mahal yang
berada didalam Taj Mahal, saking indahnya sampai masuk salah
satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Tapi walau kita bisa masuk
kedalam bangunan dan melihat makamnya, sebenarnya jenasah
sang Ratu ada di basement bangunan cantik itu.
http://smulya.multiply.com/photos/album/166

Di Benua Africa juga ada, yaitu Mausoleum dari Raja Mohamed V
(kakek raja Maroko sekarang), dan Raja Hassan II (ayah raja) di
dalam kota Rabat - Maroko.
Bangunan Mausoleum berbentuk segi empat, dari luar kelihatan
sederhana saja, tapi bagian dalamnya ternyata sangat menarik,
dindingnya dilapisi porselin corak mozaik warna warni.
Apalagi atapnya yang berupa kubah : terbuat dari kayu hitam penuh
ukiran cantik yang begitu detail beraneka motif yang sangat indah,
diselingi Glass Art warna warni - sungguh karya seni yang sangat
bernilai tinggi.
Pengunjung boleh masuk dan berjalan disepanjang tepian dinding
lantai dua dari gedung yang yang ada vide-nya itu , dan dilantai
dasar tampak makam dari kedua Raja itu.
http://smulya.multiply.com/photos/album/171

Dibeberapa tempat malah pengunjung bisa melihat/menyentuh
keranda dari orang terkenal, misalnya Columbus.
Pengelana jagoan itu, ternyata bukan semasa hidupnya saja
kesana kemari, jenasahnyapun pindah2 sampai beberapa kali.
Didalam sebuah katedral bergaya Gothic di Sevilla Spain yang
bernama Santa Iglesia Cathedral terdapat patung besi dari empat
satria berukuran raksasa, berbaju kebesaran dengan gagahnya
berdiri diatas sebuah podium sambil mengusung sebuah keranda
besi yang konon berisi jasad Columbus.
http://smulya.multiply.com/photos/album/39

Para turis di Lisbon Portugal tentu berkunjung ke Hieronymites
Monastery, inilah masterpiece Manueline Art Style yang sejak
tahun 1983 masuk salah satu Unesco's World Heritage.
Didalam bangunan kuno awal abad 16 yang merupakan transisi
dari gaya Gothic ke Renaissance, terdapat tomb dari Vasco da
Gama yang bentuknya unik sekali.
Diatas makam dari marmer berbentuk kotak empat segi panjang
yang penuh ukiran itu diletakkan patung marmer Vasco da Gama
seukuran aslinya dalam posisi tidur terlentang dengan kedua
tangan terkatub didada.
http://smulya.multiply.com/photos/album/92

Ternyata tidak hanya bangunan makam yang diperlihatkan
kepada turis, kerangka dan jenasah juga bisa diperlihatkan.
Tentu kalau bicara kerangka tidak jauh-jauh dari hasil kekejaman,
seperti yang diperlihatkan di penjara Toul Sleng PhnomPenh
Kamboja, tengkorak manusia bertumpuk didalam lemari.
http://smulya.multiply.com/photos/album/11
http://smulya.multiply.com/journal/item/19

Lebih sadis lagi di penjara Dalian, China bagian Utara, pejuang
yang di eksekusi oleh penjajah Jepang masa itu, jenasahnya
dimasukkan kedalam tong kayu kecil dalam posisi terlipat -
lutut nempel kedada. Jadi menghemat lahan penguburan.
Masuk penjaranya saja sudah seram, apalagi melihat dari dekat
sebuah tong kayu yang sudah pecah2 dan didalamnya ada
kerangka, jelas terlihat batok kepala dan tulang pahanya.
http://smulya.multiply.com/photos/album/72

Berbeda lagi dengan di Pompeii Italy, korban letusan gunung
Vesuvius terkubur lava pekat sehingga seakan menjadi cetakan.
Unik sekali bisa melihat dari dekat replika jenasah2 dengan
berbagai posisi dan mimiknya saat meregang nyawa, begitu
orsinilnya dan ditempat bencana itu terjadi.
http://smulya.multiply.com/photos/album/112

Tentu wisata melihat jenasah utuh adanya dinegara komunis yang
begitu memuja pemimpin besarnya, sampai2 mengawetkannya.
Didalam mausoleum di Hanoi Vietnam, setelah tegang antri lama
yang panjang sekali dan melewati berbagai penjagaan yang super
ketat, masuklah kami kedalam bangunan megah itu.
Kami harus jalan perlahan, tidak boleh berhenti maupun berbicara,
boro-boro dah motret, dan tampaklah berbaring ditengah ruangan
temaram yang AC-nya disetel super dingin itu: Ho Chi Minh.
Jenasah disorot lampu terang sekali, saya langsung mengenali
beliau dengan janggutnya yang khas, tapi kelihatan lebih gemuk.
Pengunjung jalan memutari jenasah yang ditutupi kaca, mulai dari
arah pipi kanan kepala - sisi kanan jenasah - ujung kaki - sisi kiri
dan langsung harus keluar ruangan.
http://smulya.multiply.com/photos/album/22
http://smulya.multiply.com/journal/item/32

Akhirnya kuburan Raja-Raja, tentu menjadi tempat tujuan
wisata yang menarik, di China dan Mesir ada persamaannya,
berukuran gigantic dan awalnya serba rahasia.
Ming Tomb di utara Beijing China, konon dulu dirahasiakan
keberadaannya, kini telah digali dan dibuka untuk umum.
Walau boleh memasukinya tapi dilarang mengambil foto,
padahal makam kuno yang begitu luas dan berada terbenam
jauh didalam tanah itu sungguh mengagumkan.

Dari sekian tempat seram itu paling seru adalah memasuki
kuburan raja yang ribuan tahun umurnya yaitu Pyramid Giza.
Awalnya tidak terfikir untuk memasukinya, melihat dari luar
saja bangunan raksasa yang sudah ancur2an itu sudah ngeri.
Dinding Pyramid yang dalam foto terlihat licin mulus, ternyata
sudah bopeng2 tidak keruan, maklum saja sekian ribu tahun
disapu angin keras berpasir sama saja seperti di amplas.
Tapi terlihat ada tangga dan orang keluar masuk lubang di
dinding pyramid, maka saya nekat saja mau masuk dan
ajaibnya istri saya juga mau ikut masuk.

Setelah sampai dipuncak tangga, dilanjutkan memasuki lubang
selebar pas dua orang berpapasan, dan kami menuruni lorong
dengan sedikit merunduk agar kepala tidak terantuk atapnya.
Ada penerangan lampu, dan udara tidak pengap, berjalan ramai-
ramai beriringan dan berpapasan dengan orang yang mau keluar.
Entah berapa jauh kami menapaki lorong yang menurun itu,
tahu2 sampai disebuah ruangan yang lumayan besar, tampak
beberapa buah kamar dan tangga lagi yang menurun kebawah.

Tapi nyali kami sampai disitu saja, soalnya nggak kebayang
dah kalau sampai gunung dari batu sa-gede2 anak gajah itu
runtuh, bisa-bisa kita jadi teman main sang Firaun.
Segera saja balik kanan, kembali menelusuri "lorong waktu",
dan lega sekali saat kembali menghirup udara luar, selesai
sudah perjalanan ke ruang ribuan tahun lalu itu.

34 comments:

  1. wah menarik nih pak, penuh petualangan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      Delete
  2. hallo,
    apa kabar Nagasaki, baru saja memperingati
    jatuhnya bom atom yah.
    iya kalau tour kadang2 diajak ke tempat2 serem,
    tapi kita mau aja tuh diajak kesitu he3.
    biasanya yang membuat kita mau saja kesana-
    karena ada cerita/sejarahnya yang menarik.

    ReplyDelete
  3. pernah liat nih pak, yang lagi duduk juga ada..

    ReplyDelete
  4. Cuman di Indo mengunjungi kubur kudu siapin duit buat kasih sedekah alias minta minta ? :))

    ReplyDelete
  5. waduhhh bapak.... jad petualang nihhhh.... asyik yah bisa liat mummy gitu...

    ReplyDelete
  6. TENTANG MESIR BS GA DI BAHAS LEBIH DETAIL,.... PENGEN TAU NIH... THKS.....

    ReplyDelete


  7. dari futu2 diatas baru mampir ke kuburan masal di cambodia... masih bergidik kalau mengingat pas kesana...

    ReplyDelete
  8. pak Sindhi .. perangkuman ini menarik sekali.

    Selain itu juga mau melapor bahwa saya sudah mencoba pondok Kemangi dan cumi pedasnya .. hmm enak, terimakasih infonya

    ReplyDelete
  9. kalo di Indonesia, wisata ke kuburan bisa di artikan lain ... seperti : ngarep wangsit (bisa sampe wangsit utk jadi presiden loh), ngarep jodoh, sampe2 ngarep nomor togel (dulu SDSB) ... :D:P

    ReplyDelete
  10. memang cukup banyak yah disana,
    kalo siang sih nggak serem apalagi ramean lihatnya,
    tapi kalau malem sih, he3

    ReplyDelete
  11. di Pyramid juga banyak pungutan juga tuh,
    sebelum masuk kita mesti kasih uang,
    dan yang bawa kamera harus bayar lagi.

    ReplyDelete
  12. petualang murni sih nggak lah,
    cuma setengah petualang ajah

    ReplyDelete
  13. itu perjalanan tanggal 31 Desember 1995,
    berarti 13 tahun yang lalu - sudah lama sekali,
    saat itu belum bikin catatan2, jadi nggak bisa
    banyak ceritanya, sorry.

    ReplyDelete
  14. iya kalau kerjaan geng PolPot mah kelewatan kejamnya.

    ReplyDelete
  15. thanks,
    tadi saya nyobain Dapur Sedap yang baru saja buka
    cabang di Rest Area Jakarta-Tangerang Km 13,5.
    nanti saya buta reviewnya.

    ReplyDelete
  16. Jombang ?? - ooooh Ryan itu yah, he3

    ReplyDelete
  17. pengen deh ke sini. mari menabung :)

    ReplyDelete
  18. Lid,
    itu dulu rute tournya Jordania (hanya menginap semalam),
    lalu jalan darat ke Israel, terbang ke Yunani - Turki - Mesir.

    ReplyDelete
  19. ...seperti antrian minyak tanah....
    apakah setiap hari seperti ini?

    ReplyDelete
  20. kabarnya gitu,
    penjagaannya ketat sekali, kita harus naruh tas segala
    macam dulu di semacam officenya, lalu dicheck kayak
    kita masuk bandara saja, eh lagi antri gitu- si penjaga yang
    berjaga mengawasi antrian bisa menarik seseorang dari
    antrian dan digeledah lagi, kan jadi deg2an liatnya.

    ReplyDelete
  21. wisata bagus nih, buat mengingatkan kita juga bakal menghuni makam...

    ReplyDelete
  22. Pak Sindhi, di Muntilan juga ada makam Romo Sanjaya yang senantiasa dipenuhi orang lo .. :D

    ReplyDelete
  23. pak Sindhi sungguh menarik sekaligus mendirikan bulu roma juga ya? saya pernah ke Papua ke makam tentara Jepang. katanya di Semarang wisata kuburan juga udah diorganisir ya?

    ReplyDelete
  24. oh ya di Papua katanya ada gua yang penuh
    jenasah tentara Jepang yang tidak mau menyerah
    saat diserang tentara Sekutu.
    Semarang saya belum tahu.

    Dulu saya hampir saja ke Trunyan, tapi udah sampai
    di tepi danau Batur malah ngeper karena kabarnya
    suka di palak diatas perahu.
    Toraja juga wisata kuburan kan ?

    ReplyDelete
  25. btw katanya makamnya JFK sebenarnya kosong yaa?
    denger2 juga katanya JFK dibalsem..

    ReplyDelete
  26. bahagia sekali hidupnya nich, jalan2 melulu.. hehe..

    ReplyDelete
  27. Pak Sindhi, ini foto taun berapa ?
    kalo diliat dari "face" nya pak dokter sih kayaknya waktu masih umur 20-30 an ? betul gak dok ? :))

    ReplyDelete
  28. itu foto akhir tahun 1995,
    masa sih tampangnya umur 30 tahun,
    irit amat tampangnya yah, dikorting sampai 15 thn he3.

    ReplyDelete