Wednesday, May 21, 2008

Kilas-balik awal perjalanan Lima Tahun Jalansutra.




Hi, I'm here *echo-echo-echo* Ole...

Itulah "soerat stroom" yang dikirim "Godma" Ole ("violeta_narcissus"),
Thursday,May 22, 2003 - 12:09 pm, "memecah keheningan" bagai
jerit pertama kelahiran sang bayi yaitu sebuah Milis baru yang khusus
tentang Jalan-jalan dan Makan-makan.

Kelahirannya langsung disambut pembuat milis itu - Wasis Gunarto :
Halo Godma,
are u calling Houston? :-

Atas ijin pak Bondan Winarno dinamailah sang bayi : Jalansutra,
dan esoknya berdatanganlah menengok:
Akmal N. Basral - pak Bondan - Binarwanto Adi.
Saya diurutan berikut, setelah mendapat undangan dari Wasis :
-----original message------
From: jalansutra moderator
jalansutra-owner@yahoogroups.com>
To: smulya@cbn.net.id
Date: 23 May 2003 03:35:39
Subject: Invitation to join the jalansutra group

Hello smulya@cbn.net.id,
wasisgunarto@yahoo.com has invited to join the jalansutra group
hosted by Yahoo! Groups, a free, easy-to-use community service.
By joining jalansutra, you will be able to exchange messages
with other group members, store photos and files,
coordinate events and more.
This invitation will expire in 7 days.
Here's an introductory message from wasisgunarto@yahoo.com:
Salam Jalansutra,
Anda di undang untuk menjadi anggota milis Jalansutra.
Milis ini resmi milik Pak Bondan Winarno. Bila ada yang
kesulitan untuk subscribe silakan email di cc ke
wasisgunarto@plasa.com, untuk di add secara langsung.
Semoga dengan milis ini kita bisa lebih menghargai
sebutir nasi. Semoga dengan milis ini kita bisa menjalin
persahabatan yang tulus.
Rgds,
Moderator
-------------------------------------------------------------------------------------------------

Cari nama koq repot :
Karena milis masih bayi, tingkahnya juga lucu-lucu, antara lain
saat kerepotan mencari nama sebutan buat anggota milis:

si A, idenya orsinil:
Yang ada di kepala saya: Jatramania atau Jatrakelana.
si B, nggak mau kalah:
Bagaimana kalau Jatraholic, pas gak sih ya?
si C, membedah secara "ilmiah":
Kalau soal rhyming, Jatrakelana kayaknya lebih enak didengar.
Kelebihannya: tetap Bahasa Indonesia; nggak ada penggabungan
bahasa. Jatrakelana kira-kira berarti: Pengelana Jalan Sutra.
si D, rupanya senang yang panjang2:
Kalau saya sebenernya suka Jalansutramania, lebih pas rasanya,
tapi whatever aja deh...S
si E, malah bingung:
saya lagi pusing kaga bisa sharing ikutan nyari sebutan buat
Jalan sutra mania itu,hehehe; apa yah yang cocok ?,
si F, ikut arus aja dah:
Permisiiii, saya pendatang baru, tapi boleh donk yaaa ikutan usul.
Okto pilih Jalansutramania. Panjang tapi cantiiikkk.

Sampai-sampai Kepala Suku juga jadi ikutan pusing :
Supaya tambah rame, bagaimana kalau Kelanajaman
(kelana jalan-jalan dan makan-makan).
Dibalik Jamankelana juga boleh.
Atau Kelanamanja (kelana makan-makan dan jalan-jalan).
Ah, makin lama makin nggak ketemu, deh.
Salam,
Bondan

-----------------------------------------------------------------------------------------------

Kopdar Pertama :

Beranjak remaja, saatnya masuk masa belajar kencan alias
kopdar, maka diawali dengan obrolan2 tentang makanan dan
tempat makan yang enak dan menarik, sampailah :

----- Original Message -----
From: Wasis Gunarto
Date: Wednesday, July 30, 2003 10:16 pm
Subject: Re: [jalansutra] Coffee Bean, Dome and Starbucks was Kafe
All,
Kapan2 kita semua kumpul di Kafe yuk..melihat peminat kongkow2
kafe ternyata cukup banyak..
Gimana Om Bondan? Ayo dong ngumpul..:)
Rgds,
Wasis

On Thu, 31 Jul 2003 05:49:37 +0700
bwinarno@indosat.net.id wrote:
Ayo, setuju banget. Saya yang traktir. Semua diundang.
Bagaimana kalau Sabtu siang ini di Dome Plaza Indonesia?
Salam,
Bondan.

Akhirnya tanggal 9 Agustus 2003, jam 11 bertempat di Dome Cafe
Plaza Indonesia, jadilah kopdar pertama Jalansutra, yang dihadiri
15 orang yang tentunya sebagian besar belum saling kenal.
Ternyata pula walau sudah sekian bulan berkomunikasi,
baru disitulah pak Bondan bertemu muka dengan Wasis Gunarto !.
( lihat : http://smulya.multiply.com/journal/item/29 ).

Kopdar belasan orang yang baru saling kenal ini ternyata kemudian
menjadi model kopdar2 Jalansutra berikutnya, yaitu selalu bisa
berlangsung dengan hangat dan penuh keakraban.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Keluarga JS-ku.

Genap lima tahun perjalanan Jalansutra, bayi kecil dahulu itu kini
telah menjadi keluarga besar terdiri dari 12.965 orang yang berada
di tanah air maupun diberbagai negara.
Saat ini pula telah tercatat 84.664 buah e-mail di posting dengan
rekor pada bulan Juli 2004 sebanyak 3.096 buah.
Keluarga JS-ku, adalah ungkapan yang menjiwai milis ini yang
semangat anggotanya Silih Asah - Silih Asih dan Silih Asuh,
dalam kebersamaan hobby makan-makan dan jalan-jalan.

Tetap Sehat - Tetap Semangat, agar bisa tetap Jalan Jalan dan
Makan-Makan bersama Jalansutra.






32 comments:

  1. ga nyangka ya pak, dari yang dulunya anggotanya baru sedikit bisa jadi ribuan kayak sekarang :)

    ReplyDelete
  2. itu yang di foto semuanya masih aktif di milis JS?

    ReplyDelete
  3. setahu saya yang pasti ada 4 orang yang masih aktif,
    difoto pertama 3 orang yang duduk, satu dari yang berdiri

    ReplyDelete
  4. hooh om...saya ngikud pertama tahun 2005, trus pensiun sementara di akhir 2007....
    *mau daptar lagi ah..*

    ReplyDelete
  5. Met ultah Jalansutra! Saya udah daftar dimilis cuman belum pernah ikutan acara kopdar, makan-makan dan jalan jalannya. Siapa tau lain kali bisa ikutan:)

    ReplyDelete
  6. ayo daftar, nggak lama lagi ada event Ultah JS ke 5,
    ini pengumuman dari moderator beberapa menit yg lalu :

    Halo keluarga JSku...

    Tanpa terasa tahun demi tahun berlalu dan... tahun 2008 ini sudah
    waktunya (sudah kelewat malah hehe) kita merayakan lagi Ulang Tahun
    Komunitas Milis kita tercinta ini!

    Tahun 2008 ini merupakan tahun yang spesial bagi JS. Acara Kuliner
    Pak Kepala Suku semakin berkibar, buku Yohan tentang Wine baru saja
    menang penghargaan Gourmand di London, dan sekelompok JS-ers sudah
    bisa menerbitkan review makanan dalam bentuk buku yang konon laris
    manis. Wah, hebat ya! Dulu, waktu pertama kali saya ikut kopdar di
    Ni Tondongta, waktu pertama kali Mas Wasis menghidupkan milis dengan
    e-mail pertamanya, rasanya nggak bakal kebayang bahwa kita bisa
    sampai ke titik sekarang ini!

    Nah, ulang tahun JS menjadi suatu sarana untuk introspeksi sekaligus
    untuk makan-makan bersama - kegiatan yang kita cintai bersama, hehe.
    Acara ultah JS tahun ini akan membawa tema yang sama : dari kita,
    untuk kita, dengan biaya serendah mungkin. Yang penting, ngumpul dan
    makan!

    ReplyDelete
  7. wah sayang sekali saya tidak pernah bisa ikut acara js ini ya dok... bisanya cuman membaca cerita orang2 bagaimana acara kumpul2nya berlangsung... makasih jg buat dokter yang sering meng-update kita dengan cerita2nya....

    ReplyDelete
  8. hari Selasa kemarin sekitar 50-an teman2 JS
    jalan bareng dengan dipimpin bung Irvan -moderator,
    ditemani moderator lainnya :pak Gatot,Lidia Tanod
    dan juga Andrew, rutenya mulai dari Pasmo BSD -
    Sinpasa (Pasmonya Gading Serpong) dan berakhir
    di K's Bakery, saya juga ikutan, tapi belum sempat
    beresin foto2nya, nanti diposting di MP.

    ReplyDelete
  9. kapan, pak, acaranya? nanti kabar2i lagi doonk....

    ReplyDelete
  10. iya saya baca di milis ttg jalan2 ke pasmo BSD, ngeliat list makanan yang akan dicoba saja sudah ngiler.... tapi sayangnya memang saya tidak bisa ikutan nih, mudah2an kapan2 kalo saya pas pulang indo ada acara kumpul sutra lagi jadi bisa sekalian ketemu dengan dokter :)

    ReplyDelete
  11. He..he..he..daku gak sanggup baca emailnya JS terlalu banyak...he..he..he..selamat udah 5 tahun.

    ReplyDelete
  12. Pak, saya enggak bisa ikut ultah ke 5. kemarin mau nyegat di K's Bakery, jam 10.30 tapi masih sepi :D.

    ReplyDelete
  13. yaaaa, Ka - jam sagitu baru jalan dari Pasmo BSD
    menuju Sinpasa Gading Serpong, disana sampai jam 12.
    Jadi jam 12.15 barulah merapat di K's Bakery, sampai jam 13.30
    kenapa nggak nilpon ?

    ReplyDelete
  14. met ultah JS yah semoga semangat kekeluargaan JS makin rapat dan hangat...

    ReplyDelete
  15. Aduhhh kalau ke Jakarta, saya mau ikutan donk .. Pengin banget ...

    ReplyDelete
  16. Time sure flies! Tidak terasa sdh 5 tahun ya; anggota sdh hampir 13 ribu....rata2 ratusan posting per mggu... semoga komunitas ini terus maju...Di samping salute utk para pendiri dan penggagas JS, saya juga harus angkat topi utk dr.sindhi yg sangat rajin, tekun, aktif (selalu mau berbagi pengalaman) dgn menulis berbagai aktivitas di milist JS. Bukan hanya itu, saya juga akhirnya masuk ke MP ini karena didorong dr.sindhi... salam hormat.

    ReplyDelete
  17. aku inget pas kopdaran ini gak bisa ikutan karena ada pertemuan ortu murid di sekolah anak. inget juga dulu masih bisa cuek posting di milis: "yaaaah, saya gak bisa ikutan, karena mesti ke sekolah anak" ... kalo sekarang begitu, bisa di-ban! hahahaha

    ReplyDelete
  18. Lid,

    kopdar itu tidak lama setelah kejadian bom Marriot,
    shg saya sempat ragu juga awalnya kesana itu.
    maka parkirnya juga nggak di basement gedung tapi
    disebrang Plaza yaitu dihalaman HI, he3

    ReplyDelete
  19. hush .... anak perempuan jangan tereak2 *godma style mode-on*

    ReplyDelete
  20. yang baju merah sekilas mirip Irvan? :D

    ReplyDelete
  21. naaaah ni die muncul juga Godma kite,
    gitu dong jangan ngumpet aje, he3

    ReplyDelete
  22. naaaah gitu dong Godma muncul,
    jangan ngilang trus dong, he3

    ReplyDelete
  23. bukan,
    saya juga lupa namanya, karena dia
    hanya sebentar saja ikutan di milis JS

    ReplyDelete
  24. sekarang JS udah bukan balita lagi dong ya :)

    ReplyDelete
  25. spertinya baju kaos barong itu masih bau bali ya ?
    wakakaka...

    ReplyDelete
  26. aku joint js setelah kunjungan balasan ke tempat mas wasis, selagi ngumpul di jl. surabaya. masih ingat ama nyamuk2 menteng yg galak2 hehehe..

    ReplyDelete
  27. Hebat bener nih dokter sindi ...kumplit bener sejarahnya.....

    ReplyDelete
  28. mau lihat resep2 makanan enak gratis http://infooddrinks.blogspot.com biar pada jago masak nantinya.banyak ribuan resep2 masakan bintang 5. semua gratis lagi.saya buka resto, karena resep2 di sini lo.
    ada resep2 untuk diet dan noncolesterol lo... pokoknya komplit deh....caba aja kamu buka2 resepnya....

    ReplyDelete