Friday, October 10, 2008

Sarajevo - Bosnia.


Berada di lembah yang dikelilingi pebukitan, membuat Sarajevo mudah
diblokade musuh yang mengambil posisi dipebukitan sekeliling lembah.
Tapi lingkaran blokade yang nyaris menjadi satu lingkaran penuh itu
terputus di satu lokasi karena adanya airport yang dikuasai pasukan PBB.
Dibawah landasan pacu itulah pejuang Sarajevo membuat Tunnel of Hope,
terowongan bawah tanah sepanjang 800 meter yang melintas dibawah
landasan pacu airport pasukan PBB itu.
Berkat adanya terowongan rahasia yang menghubungkan kota Sarajevo
dengan wilayah bebas diluar lingkaran blokade, membuat penduduk
Sarajevo sanggup bertahan selama empat tahun pengepungan itu.



Cerita lengkap ada di majalah Intisari terbitan Oktober 2008, berjudul:
Sarajevo - Tiga kali Memukau Dunia.

22 comments:

  1. Lagi dimana oom dokt? jadi tour eropa?

    ReplyDelete
  2. saya sudah kembali dari tour ke Baltic.

    ReplyDelete
  3. Pantes gak ada kabar... Deg-degan nich nunggu oleh-oleh nya oom dokt...

    ReplyDelete
  4. Selasa malam kemarin pulangnya....:))

    ReplyDelete
  5. Oleh- cerita dan photo ya oom.. ikut travel ya?

    ReplyDelete
  6. thanks,
    ya - ikut travel, rute Balkan ( Rumania - Bulgaria-
    Serbia - Bosnia dan Croatia).

    ReplyDelete
  7. wow..asyik banget...! kapan ya.. daku bisa menikmati 'hidup' dg jalan2 kayak Dr n istri?:)

    ReplyDelete
  8. hallo Dina,
    pa kabar, Bandung banyak hujan ?
    perjalanan spt itu kan sesekali saja dalam setahun :))
    tentu lebih penting kalau kita bisa menikmati kehidupan
    keseharian kita, senang susah bisa dijalani dg hati tenang,
    iya kan ?

    ReplyDelete
  9. tante kok langsingan? efek sering latihan line dance kali ya :D

    ReplyDelete
  10. Indonesia nyumbang mesjid ke sana? hebaat euy... *hmm... jadi mikir, ah sudahlah*

    ReplyDelete
  11. whoaa, berarti sekarang makin gendut dong,
    soalnya itu foto lama he3

    ReplyDelete
  12. itu tahun 1990-an kayaknya, bukan sekarang2.

    ReplyDelete
  13. wah pengen ke sarajevo, apalagi kalau winter; katanya cantik

    ReplyDelete
  14. Jadi makin penasaran nih nyari intisari..:-)

    ReplyDelete
  15. Wowww....dokumentasi yang sangat bagus sekali pak dokter. Mudah2an kontribusi Indonesia ini, bisa dikenang oleh masyarakat Sarajevo...

    ReplyDelete
  16. Ck...ck...ck... indah banget... kayaknya damaiiiii gitu...

    ReplyDelete
  17. yang bikin menarik, desa disebrang itu jaraknya pas,
    kita bisa melihat rumah2nya cukup jelas, ada mobil
    lewat sesekali menelusuri jalan di kampung itu.
    ada asap membubung dari ladangnya dll, asyik jadinya

    ReplyDelete
  18. Saya mampir nih. Rupanya pak Dr sdh sampai ke Bosnia segala. Bukan main .... Salam dari Abu Dhabi.

    ReplyDelete
  19. Salam kenal, bapak dokter. Iya, saya tinggal di Slovenia sejak 2007 ... satu benua dengan Bosnia ... Saya malah belum pernah kesini :-) Terima kasih sudah add saya jadi kontak.

    ReplyDelete
  20. Di daerah sini kami pernah makan di restoran langganan Presiden Clinton

    ReplyDelete
  21. Di sini kami bertemu mahasiswi Indonesia asal Kediri sedang belajar dan kawin sama pemuda Bosnia

    ReplyDelete
  22. Wah sayang, kami tidak sempat mengunjungi tunnel yang bersejarah ini

    ReplyDelete