Thursday, July 13, 2006

Santorini - Greece




Santorini, bekas gunung berapi besar, terletak di
Aegean Sea yang dijaman purba meledak habis2an,
menyisakan hanya separuh dinding gunung -
bekas craternya terisi air laut dan bisa dimasuki kapal
seukuran cruise sekalipun.

Foto2 sebenarnya banyak, pelan2 ditambah.
Ceritanya menyusul, belum sempat bikin.

40 comments:

  1. gambar ini sering jadi ikon yunani

    ReplyDelete

  2. bung Krisna,

    rumah dan kapel di kota Oia banyak yang
    bagus2, view untuk melihat sunset pun paling
    bagus dari kota ini

    ReplyDelete
  3. keliatannya sangat indah...... dan eksotik, di tepi kawah begini...wow.

    ReplyDelete
  4. wouw ini view bagus banget pak......
    boleh dibilang dibalik bencana terdpt anugerah buat negerinya.

    ReplyDelete
  5. aahh .. kapan ya bisa punya motret disini ..
    keren pak sindhi

    ReplyDelete
  6. Waduhhhhhh, rasa cape dan jenuh di pesawat langsung hilang deh kalo tinggal di tempat begini...lupa segalanya...
    orang-orangnya gimana pak Sindhi?hangat seperti orang Italy atau biasa-biasa saja?

    ReplyDelete
  7. wah kalo saya ke sana bisa ga mau pulang lagi kali yah?...

    ReplyDelete
  8. Biar suhu udaranya lagi panas,tapi karena indahnya pemandangan membuat yang datang tetap bisa mengaguminya.

    ReplyDelete
  9. Ampuun cantik banget, bisa sering-sering jatuh cinta kali kalo tinggal disana ya..pemandangan nya itu lho endang bambang :)

    ReplyDelete
  10. Om, rumahnya putih semua ?? Duh...pemandangannya cantik amat.... ditunggu ceritanya. Sekalian jalan kemana lagi Om ?

    ReplyDelete
  11. haduh! bagusnyaaaa. kapan ya bisa kesini huhuhuhu. habis dari santorini rutenya kemana lagi pak sindhi ?

    ReplyDelete
  12. asik asik asik... di mana-mana obyek foto mantap ya

    ReplyDelete

  13. hallo semua,

    jawabnya borongan lagi,

    Santorini yang masuk Yunani ini, sekitar 1/2 jam terbang dari Athens (dulu adik saya Lanny pakai ferry - 7 jam ).
    pesawat mendarat di dataran dikaki gunung yang sudah tinggal
    sebelah ini, kalau ferry masuknya kedalam kaldera yang sekarang sudah terisi air laut (dalamnya aduhai - 400 meter, makanya
    kapal ukuran cruise gede juga bisa merapat kepelabuhan).
    jadi Santorini ini mirip Krakatau - pulau gunung berapi yang
    meledak, tapi konon dalam skala 4 kali lebih dahsyat -
    tsunami-nya saja katanya sih setinggi 210 meter.
    maka separuh gunung hilang, dan terbentuk lubang dahsyat dikaldera sedalam 800 meter, maka bekas kaldera jadi laut yang
    bisa dimasuki kapal2.
    belakangan lava yang masih keluar membentuk pulau kecil ditengah kaladera itu.
    legenda kota Atlantis yang hilang misterius didalam laut,
    juga dihubung2kan dengan peristiwa ledakan Santorini ini.

    warna rumah memang didominasi putih biru, pas dengan
    bendera Yunani yang putih biru juga.

    perjalanan saya kemarin berawal dari Rome - Napoli/Pompeii-
    menyebrang ke Palermo (Sicilia)/Agrigento/Mount Etna/Taormina -
    nyebrang lagi ke semenanjung Italy selatan itu - Sorrento/Capri/Blue Grotto-Bari dan nyebrang ke Yunani :
    Igoumenitsa-Kalambaka-Athens-Santorini.




    ReplyDelete
  14. he he barusan ayah ibu mertua jalan untuk studi geologi disini, dan memang Santorini cantik. Sejarah panjang letusan gunungnya juga yang paling menarik *jadi inget merapi*

    ReplyDelete
  15. Dinding putihnya kontras banget ma biru lautnya... Duh, klo pak Sindhi abis posting hasilnya pasti bikin..ngiri abissssss...

    ReplyDelete
  16. pak sindhi, seorg temen yunani saya pernah blg, kalo liburan ke yunani: dg temen2: kemana aja deh, tp kl dg pasangan: santorini! ternyata emang bener yah,romantiiiisssss .....

    ReplyDelete
  17. Pak Sindhi, i love Greece too....The food, the mentality of the people, the sun, greece olives, greece mediteranian sea, the clearly sea water in the arciphelago...
    Thanks for sharing.

    Barina Wöhrmann.

    ReplyDelete
  18. Wuah.. akhirnya ke Santorini jg yah, Dok..
    Cruise itu berlabuh kemana lagi, Dok...

    ReplyDelete

  19. hallo,

    memang sejak letusan dahsyat 1500 BC itu,
    masih beberapa kali meletus lagi, ada satu
    kota kuno - Akratiri, yg sedang di excavasi,
    tapi sejak tahun lalu di tutup untuk umum karena
    runtuh dan ada turis yang tewas juga.

    kalau datang ke Santorini, paling tidak menginap
    dua malam, karena dua kota (Fira dan Oia) saja
    engga keputer dalam sehari, apalagi kalau mau
    ke tempat lainnya seperti pantai Kamari yg cantik,
    dan naik ke bukit dimana ada terletak Ancient Thera.

    cruise itu entah kemana, sebab saya pakai pesawat.

    ReplyDelete
  20. Wah pak sindhi, menarik juga pemandanganya. Dari sini ada cruise yang mengitari mediterinean, apakah termasuk Greece. Saya masih belum tahu.

    ReplyDelete
  21. Pak Sindhi,
    Trus terang aja, Greece salah satu tempat yg. ingiiiiiinn sekali saya kunjungi....tp gak nyampe2..sampai lupa...tetapi setelah lihat lihat gambar2 ini semua...memang patut utk. dikunjungi...apalagi lihat lautnya..seperti itu..terimakasih Pak, dg oleh2 foto ini ...
    yang rumah2 penduduk dari batu cadas, apa gak perlu di cat, ya Pak? tapi kenapa bisa mulus begitu ya?....

    ReplyDelete

  22. hallo,

    memang ada cruise yang keliling Mediterania,
    tapi juga bisa naik ferry dari Piraeus (Athens)-
    sekitar 7 jam saja ke Santorini.

    rumah penduduk itu bahannya memang dari bebatuan
    vulkanis - juga pumice, ash, lava dan puzzuolana,
    disana sangat sulit kayu, jadi modelnya kayak gitu,

    dan kebanyakan rumahnya di cat putih-biru.
    biru melambangkan laut Aegean,
    sedang warna putih itu melambangkan riak gelombang

    ReplyDelete
  23. Indah mempesona, berbulan madu keberapa anda dan ibu di Santorini?

    ReplyDelete
  24. Bulan madu yang pertama pak,
    soalnya ini pertama kali-nya kami ke Santorini,hehehe.

    Ngomong2 - biar pak Bruriadi udah nginjak 149 negara
    (terakhir Sikkim itu ya pak ?) - jadi sekian kali lipat dari saya,
    dan rekor ini tidak mungkin terkejar oleh saya tentunya -
    tapi ada satu hal yang saya "bisa nyombong" nih menang
    dari pak Kusuma yaitu pak Kusuma dan ibu belon sempat
    honeymoon ke Santorini itu,huahaha.

    ReplyDelete
  25. Pak Dokter, totalnya berapa Negara sih Dok

    kalau aku ga muluk2 deh, Semua Negara di ASIA aja dulu hehehehhe

    ReplyDelete

  26. nah kalo gitu mesti pak Bruriadi Kusuma yang
    jawab nih Rie,
    beliau tuh jawara soal kelayapan ke-mana2 itu,
    sebelum ke Sikkim beliau dan istri baru saja masuk
    ke Libya-Tunisia-Algeria,
    padahal beberapa bulan sebelumnya baru saja ke
    Burkina Faso dan negara2 Africa Tengah.

    ReplyDelete
  27. ah Pak Bruriadi Kusuma itu kan saya gak kenal, saya kan nanyanya ke Dokter, berapa Dok
    Sikkim itu di India kan Dok,, Dokter juga udah pernah kan India

    ReplyDelete
  28. waa... ckckcckck!! Been checkin' out your pics here... seems that yang dibilang orang diatas confirmed what I thought sih..hahaha..
    Pak sindhi... enak banget dah jalan* ke mana mana..!!
    as for foto di greece ini...rasanya saya juga pernah liat deh di drama* ... ckckck...

    ReplyDelete
  29. Rie,
    pak Bruriadi Kusuma ada disini,
    itu yang nulis :
    bkusuma35 wrote on Jul 20
    Indah mempesona, berbulan madu keberapa anda dan ibu di Santorini ?.

    iya deh saya nanti tilpon beliau, karena saya ingat pernah nanya
    dan dijawab oleh beliau, cuma saya lupa berapa negara persisnya,
    kalo nggak salah 198.

    saya pernah ke India, tapi kabar2nya Sikkim negara sendiri,
    bung Tigun rasanya yang bilang gitu.

    ReplyDelete
  30. cantik!...yg kurang foto Pak Sindhi pakei celana, kemeja,sepatu putih ber topi panama & kaca mata item & sekalain nyender di yacht yg lagi parkir.......

    ReplyDelete
  31. Dok Sindhi:
    Wah, kebayang nyaman sekali bisa 'ngopi' disini yah..........; Bener, sekali waktu mesti pergi ke tempat ini.

    Salam

    ReplyDelete
  32. gereja atap biru ini khas santorini kayaknya, kalau di kreta sama sekali nggak ada yang atapnya biru :-)

    ReplyDelete

  33. bung Krisna,
    dibuku saya baca :
    vernacular and ecclesiastical architecture,
    memang khas di Santorini itu.

    ReplyDelete
  34. saya baru datang dari kreta, pak sindhi, tetangga santorini, namun lebih luas. gereja biru itu saya cari dimana mana gak ada, katanya memang hanya ada di santorini

    ReplyDelete

  35. wah dekat banget tuh Kreta-Santorini, 70 nautical miles saja.
    Santorini-Piraeus/Athens malah 130 nautical milis.
    yah udah balik lagi deh bung Krisna - engga rugi kesana.

    ReplyDelete
  36. pak, someday kalau saya ke yunani minta info lebih lanjut berikut suggest.... kayaknya bagus banget di sana. pengen ke acropolis juga.

    ReplyDelete
  37. spechless ngeliatnya..... luar biasa indah ....ya alamnya, kotanya, bangunan2nya... kapan ya bisa nyampe ke sana..huhuhu

    ReplyDelete
  38. hallo,

    memang Santorini sungguh menakjubkan,
    ini salah satu dari sedikit tempat yang saya
    ingin kunjung ulang, selain HuangShan-Keukenhof.

    diniatkan aja, siapa tahu tercapai, tul kan ?

    salam
    sm

    ReplyDelete
  39. wahhh..pasti nikmat bngt neh om minum kopi nya...!!

    ReplyDelete
  40. memang turis bisa betah ber-lama2 menikmati
    pemandangan disitu, apalagi saat sunset

    ReplyDelete