Wednesday, October 7, 2009

Naik si Bongsor ke Paris.


Menjelang tengah malam, Sabtu 19 September 2009, terminal 3 Changi Airport Singapore,
tibalah saatnya boarding, kami berjalan dilorong aerobridge dan sekilas tampak dari
jendela kaca moncong si-Bongsor yang sebentar lagi akan membawa kami ke Paris,
berarti akan terbang nonstop sejauh 11271 Km selama lebih dari 12 jam..
Pesawat gendut dengan panjang  72,7 meter dan rentang sayap 79,8 meter itu salah
satu dari sembilan buah A-380-800 milik Singapore Airlines.
Kabarnya SQ sedang pesan 10 buah lagi, memang kalah jauh dibanding Emirates
yang pesan sampai 41 buah.

Pesawat dengan berat kosong 280 ton ini, jendelanya ada 220 buah dan rodanya 22
buah (empat buah lebih banyak dari B747), bisa terbang sejauh 15,200 km pada
cruising speed Mach 0.85 (900 km/jam), artinya bisa nonstop terbang HongKong-
NewYork.

Ini untuk pertama kalinya saya naik pesawat penumpang double decker terbesar didunia.
Memang Megatop B747-400 juga punya dua lantai tapi bagian depannya saja,
sedangkan Super Jumbo ini full dari depan sampai ke ekornya.
Sayangnya saat nerima boarding pass tertera Main Deck, bukan upper deck, berarti
pupus kesempatan merasakan duduk dilantai atas yang kabarnya lebih nyaman.
Maklumlah namanya juga beli tiket economy class, mesti pasrah ditaruh dimana saja.

Memasuki kabin pesawat, awalnya serasa masuk Jumbo Jet biasa, tapi pengaturan
baris kursi didalam Super Jumbo milik SQ ini agak lain.
Tiap deret kursinya memang dalam jumlah lazim yaitu 10 buah, posisi juga biasa yaitu
3 - 4 - 3, tapi hanya deret kursi pinggir kiri kanan yang sejajar, empat kursi tengah
tidak sejajar dengan yang pinggir. Pengaturan ini membuat kabin terasa lebih lega,
apalagi walau bisa memuat sampai 800 kursi, dalam pesawat ini hanya 471 saja.

Tidak lama kami siap take-off, suara mesin halus walau kami duduk dekat sayap,
kebisingan dalam kabin kabarnya terendah dibanding pesawat pendahulunya,
begitu tenang sehingga bisa mengurangi kepenatan penumpang secara signifikan.
Bising didalam kabin A380 konon hanya setengah B747, dan tekanan udara dibuat
seakan berada di ketinggian 1524 meter ketimbang 2438 meter pada B747,
sehingga bisa mengurangi efek kelelahan dalam penerbangan jauh.
Udara didalam kabin juga di recycled tiap tiga menit agar udara tetap fresh, ini
membuat penumpang merasa segar sepanjang dan setelah penerbangan.

Pesawat mulai berlari, awalnya heran juga karena suara rodanya koq gerudugan,
dan terasa bergetar, larinya juga lama banget sebelum bisa lepas dari landasan,
barangkali pesawat ini saat itu sedang gendut2nya yang berat maksimal take-off
bisa sampai 560 ton.

Saya lihat semua seat terisi penumpang, tapi jumlah toilet juga memadai - dalam
satu kompartemen saja ada 5 buah.
Kursi juga nyaman empuk, dan tiap belakang sandaran kursi ada layar monitornya,
sehingga bisa betah nonton begitu beragam film maupun airflight moving map.

Sekitar jam 01.30 waktu Singapore, diedarkan supper yang main course-nya bisa
pilih antara Beef fillet with rosemary sauce, roasted assorted vegetables and gratin
potato atau Kung po style chicken with fried rice and chinese greens.
Seperti biasa kami berdua nggak ambil pusing - ambil saja makanan berbeda,
karena selain nggak ngerti kayak apa makanan itu juga agar masih bisa makan
kalau ada yang nggak cocok.
Setiap penumpang juga mendapat tas kecil bertuliskan Givenchy, isinya kaus kaki
penahan udara dingin dan sikat gigi + odol.

Selesai makan, lampu mulai dipadamkan dengan "sopan" karena meredupnya
begitu pelan2, didalam toilet juga lampu nyala padamnya sopan begitu - pelan2.

Setelah breakfast, sekitar jam 6.30 waktu Paris, pesawat mendarat dengan keras
serasa dibanting saja, sampai kami agak terlonjak.

Turun dari pesawat, ternyata memang pengaturannya sudah baik, kami lancar
diarahkan ke berbagai gate imigrasi, pemeriksaan juga cepat saja, main ceplok
saja visa Schengen kami yang di apply di kedutaan Spain.

Jadi inget sms2-an dengan bu Ole beberapa hari sebelum berangkat,
pemosting pertama di milis Jalansutra ini bilang bahwa kalau naik A380 di economy-
class mah bakalannya sama aja rasanya seperti naik pesawat Jumbo lain.

Memang sih di SuperJumbo SQ ini bukan saja ada Business dan First Class,
tapi juga ada Suite Class yang duduknya seakan didalam sebuah kamar saja.
Tapi bu Ole saya tuh takutnya double kalau duduknya disana.
Pertama adalah takut bangkrut dan yang kedua takutnya lebih parah lagi, yaitu:
Takut betah nggak mau turun padahal pesawat-nya udah nyampe - he3.


26 comments:

  1. he..he.he.berarti duduknya lebih legah dibanding kelas ekonomi SQ yang biasa dong ya, yang menurut daku kurang nyaman alias sempit banget padahal daku termasuk ukuran kecil bodinya...he.he.he..makanya daku kurang demen naik SQ, mahal dan nyamannya tidak berkorelasi langsung :))

    ReplyDelete
  2. iya tuh bisa males ngejepret bagian dalamnya,
    soalnya tas kamera dimasukkan kedalam handbag
    dan ditaruh dilocker atas, males nurunin dan bongkar2nya.

    ReplyDelete
  3. betul, lumayan lega - kelewatan atuh kalo badan udah segede gitu
    masih sempit2an :))

    ReplyDelete
  4. Paling nyaman naik kelas ekonominya Qantas, ukuran duduk bule...he.he.he.lega banget :))

    ReplyDelete
  5. ga berasa ya dok berarti biar kata kudu duduk 12 jam juga.....:)

    ReplyDelete
  6. Sayang tidak ada photonya. Berarti terbangnya lebih cepat 5 jam ya dibandingkan terbang dengan Boeing 747 ke Eropa?
    Mana yang lebih murah membeli paket tour dari biro pariwisata di Indonesia dibandingkan dengan beli paket dari internet misalnya dari Expedia, Travelocity, Kayak atau yang sejenisnya?

    ReplyDelete
  7. iya, ditunjang jam take-offnya pas jam tidur-jadi penumpangnya
    bisa bener2 istirahat tidur malam itu, tiba pagi pas mulai aktivitas,
    ditambah itu kan awal perjalanan sehingga masih semangat

    ReplyDelete
  8. masa sih beda segitu jauh, mestinya sama karena speednya
    B747 juga segitu.
    pulangnya kami ke Spore lagi tapi dari Milan pakai B777-300,
    nonstop juga - hanya sekitar 11,5 jam.

    saya belum pernah beli paket internet itu, rasanya tur dari sini
    lebih mahal.

    ReplyDelete
  9. aih...kayaknya lbh nyaman drpd B777-300...kmrn ini pdhl udh niat naek Emirates promo Paris - Bkk 399 Euro sazaaa...pake A380 tuh padahal...keabisan tiket...murmer gitu pada rebutan...hehehe...

    ReplyDelete
  10. Saya dulu pernah naik B747 Big Top SQ tahun 1987 dari Singapore sekitar jam 23:00 ke Frankfurt dengan stop-over di Dubai dan Zurich masing-masing sekitar 1 jam dan tiba di Frankfurt sekitar jam 10 pagi waktu setempat. Mungkin waktu itu pesawatnya tidak secepat pesawat B747 Mega Top.

    ReplyDelete
  11. bolehlah nyobain, tapi duduknya jangan di kelas kam.... kayak saya :))

    ReplyDelete
  12. oh gitu, mungkin BigTop lebih lambat yah,
    tapi B777-300 juga cepat tuh, Milan - Spore 11,5 jam
    kalau dilihat Milan-Paris kan nggak jauh lagi, jadi mestinya
    speednya juga kenceng, inget2 juga sekitar 900-1000 km/jam

    ReplyDelete
  13. flight SQ ini tiketnya berapaan dok? jadi pengen nyobain juga...

    ReplyDelete
  14. bayarnya paket tour France-Milan, dimana sudah termasuk
    tiket2 pesawat, hotel, makan dll, jadi tidak tahu rincian masing2
    biaya dari tiket dll itu

    ReplyDelete
  15. Ha.ha.ha..orang bilang naik SQ serpisnya bagus, mungkin maksudnya, makanannya lebih oke. kalo cuman mau gitu sih bawa aja makan sendiri minta angetin...ha.ha.ha..

    ReplyDelete
  16. kalo soal makanan di pesawat saya sih pasrah aja,
    soalnya biasanya jam makannya ngaco - mana bisa
    menikmati makanan yg disajikan, pokoknya makan
    untuk hidup aja dah :)

    ReplyDelete
  17. dokter kita ini cermat bener pengamatannya.
    saya baru sadar kalu kursi nya tidak sejajar dg yg kanan kiri, stlh baca tulisan ini. :)

    ReplyDelete
  18. masa sih ga berasa :))
    ternyata posisi baru ini tidak hanya di
    A380 nya SQ, dipesawat baru SQ type yang lain
    juga konfigurasinya disetel seperti ini.

    ReplyDelete
  19. Hihihihi, Om bisa aja cerita soal SuperJumbo SQ ini :-)

    Btw, Om, susah gak apply visa Spain-nya om?

    Baru2 ini visa Jerman saya ditolak, ihiks...

    ReplyDelete
  20. Nggak susah, nggak pake ngadep juga,
    semua diurus travel, terima beres.
    Lha koq ditolak, coba ke Spain dah,
    kalo Italy kabarnya paling ribet.

    ReplyDelete
  21. Saya lihat di website Golden Rama Tour & Travel bahwa salah 1 syarat untuk mendapatkan visa ke Eropa harus punya saldo rata2 Rp 50 juta. Kalau uang kita pas2an seperti back-packer pasti ditolak pengajuan visanya. Apakah benar begitu, pak?

    ReplyDelete
  22. beberapa negara memang ketat begitu, ada yang minta
    bentuknya deposito/rekening koran,ada pula yang dalam
    bentuk tabungan,
    sebenarnya itu kan bisa disiasati, misalnya sekian waktu
    sebelumnya pinjam keluarga/teman untuk mengisi tabungan,
    nantinya setelah selesai urusan apply visa bisa dikembalikan.

    ReplyDelete